PERPUSTAKAAN SUKMA SMP N 1 KARANGANYAR MENERIMA SERTIFIKAT AKREDITASI PERPUSTAKAAN DARI PERPUSNAS RI


Pada tanggal 9 Oktober 2018 yang lalu, Perpustakaan Sukma telah melaksanakan akreditasi perpustakaan bersama dengan 8 perpustakaan lain yang ada di Kabupaten Kebumen. Akreditasi perpustakaan sekolah dibutuhkan dalam upaya untuk meningkatkan mutu perpustakaan sekolah. Bukan hanya mutu fasilitas perpustakaan saja, tetapi mutu dari tenaga perpustakaan yang ada di sekolat tersebut. Pada intinya, tujuan dari akreditasi perpustakaan adalah untuk memberikan penilaian yang transparan dan berkelanjutan terhadap pelayanan suatu program dan satuan pendidikan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Untuk itu, diharapkan seluruh perpustakaan ketika mengisi instrumen akreditasi sebaiknya tidak mengisi dengan asal-asalan dan mengada-ada, karena data akan dikirim ke Pusat dan nantinya akan ada kunjungan untuk pengecekan di lapangan.

Kemudian beberapa bulan berikutnya, tepat pada tanggal 17 Januari 2019, Perpustakaan Sukma SMP Negeri 1 Karanganyar mendapatkan sertifikat hasil akreditasi perpustakaan sekolah dengan predikat A. Bertempat di halaman Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen, sertifikat yang dikeluarkan oleh Perpusnas RI diserahkan oleh Bupati Kebumen yang diwakili oleh Sekretraris Daerah Kabupaten Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiono, S.H. Dalam sambutannya Bupati Kebumen berharap dengan Akreditasi ini perpustakaan akan semakin baik dalam melayani masyarakat Kebumen dan kunjungan masyarakat ke perpustakaan semakin meningkat.

Dari hasil akreditasi perpustakaan terdapat lima perpustakaan mendapatkan nilai A, dan empat perpustakaan mendapat nilai B, suatu pencapaian yang luar biasa karena baru pertama kali diadakan di Kabupaten Kebumen. Namun terlepas dari hasil yang telah didapatkan oleh sembilan perpustakaan di Kabupaten Kebumen, yang paling penting selepas perpustakaan terakreditasi dengan nilai baik adalah mempertahankan kinerja para pustakawan di masing-masing perpustakaan, serta kualitas pelayanan terhadap para pemustaka.

Perpustakaan Sukma mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan akreditasi perpustakaan sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Kepala Sekolah juga memberikan pesan dan harapan kepada para pustakawan di Perpustakaan SUkma SMP Negeri 1 Karanganyar untuk menjaga kualitas perpustakaan agar tetap bisa melayani pemustaka dengan baik.


8 Responses to "PERPUSTAKAAN SUKMA SMP N 1 KARANGANYAR MENERIMA SERTIFIKAT AKREDITASI PERPUSTAKAAN DARI PERPUSNAS RI"

  1. mau tanya-tanya ini itu boleh ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perpustakaan SD kami juga rencananya mau di akreditasi, masih ada indikator penilaian yang bikin saya bingung tentang "rekapan kunjungan kepala sekolah ke perpustakaan", itu gimana ya? saya masih baru megang perpusnya
      selanjutnya boleh tidak saya tanya-tanya melalui email aja?
      terima kasih banyak atas bantuannya

      Delete
    2. Rekapan kunjungan kepala sekolah ke perpustakaan sama dengan daftar hadir Kepala Sekolah. Apakah kepala sekolah sering berkunjung ke perpustakaan atau tidak.

      Sama seperti kunjungan siswa, pasti ada data pengunjungnya, kemudian direkap.

      Delete
    3. Segitu aja? Ya ampuuun... sampe pengen nangis cari tau caranya ternyata mudah banget
      Terima kasih, ya

      Delete
    4. Ya.. hanya direkap berapa kali Kepala Sekolah mengunjungi perpustakaannya. Jika kepala sekolah aktif dan peduli dengan perpustakaan, indikator itu akan mendapatkan poin tinggi, tapi jika jarang ke perpustakaan, akan mendapatkan poin rendah.

      Delete
  2. Selamat siang admin, saya mau tanya tanya boleh??

    ReplyDelete