GRAFIK PENGUNJUNG DAN PEMINJAM PERPUSTAKAAN SUKMA SMP NEGERI 1 KARANGANYAR SEMESTER 1



Salah satu hal penting yang harus dibuat dalam laporan perpustakaan adalah laporan tentang pengunjung dan peminjam perpustakaan, biasanya para pustakawan akan membuat grafik pengunjung dan peminjam perpustakaan dalam laporan perpustakaan yang disampaikan kepada Kepala Perpustakaan maupun Kepala Sekolah.

Selain itu, grafik perpustakaan biasanya di pajang di papan pengumuman perpustakaan yang ada di  luar maupun di dalam perpustakaan. Gunanya adalah untuk memantau dan mengevaluasi kunjungan dan peminjam buku di perpustakaan. Grafik perpustakaan bisa dibuat berdasarkan rentang waktu tertentu, seperti grafik bulanan, grafik triwulan, grafik semesteran, dan grafik tahunan.

Grafik pengunjung dan peminjam perpustakaan yang saya bagikan kali ini adalah grafik yang saya buat dalam laporan semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Grafik ini dibuat secara valid berdasarkan catatan data yang terdapat pada aplikasi otomasi Slims Senayan. Pada bulan Juli 2018, siswa hanya aktif di sekolah selama 15 hari setelah libur akhir tahun ajaran, sehingga pengunjung dan peminjam buku perpustakaan hanya sedikit, apalagi untuk siswa kelas VII yang sedang dalam proses pengenalan lingkungan di sekolah yang baru.
Grafik Pengunjung

Grafik Peminjaman Buku

Pada Bulan Agustus, pengunjung juga tidak begitu banyak karena ada penutupan layanan perpustakaan yang sedang dalam proses rehab berupa pengecatan ruangan, pemasangan karpet, penambahan sarana dan prasarana seperti rak buku dan loker untuk keamanan barang bawaan anggota perpustakaan. Hal ini dilakukan demi mendapatkan nilai akreditasi yang baik yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2018. Bulan berikutnya yaitu Bulan September, perpustakaan buka seperti biasa sesuai jadwalnya yaitu pada hari Senin sampai Sabtu dengan jam buka mulai pukul 07.00 sampai dengan 14.00 WIB.

Peningkatan yang cukup signifkan terjadi di bulan November, dimana SMP Negeri 1 Karanganyar yang sudah menerapkan Gerakan Literasi Sekolah memotivasi siswa untuk terus berkunjung dan meminjam buku-buku di perpustakaan untuk dibaca 15 sebelum pembelajaran dimulai. Kegiatan GLS ini menjadikan siswa lebih giat untuk berkunjung ke perpustakaan untuk meminjam buku yang disukainya.

Sedangkan bulan Desember 2018, dimana ada kegiatan Penilaian Akhir Semester 1 dan Libur Akhir Semester 1, kunjungan dan peminjaman buku kembali menurun. Bulan Desember dimanfaatkan anggota perpustakaan kelas VII, VIII dan IX untuk belajar dengan cara meminjam kliping kumpulan soal-soal PAS 1 yang ada di perpustakaan, maupun dengan cara mencari soal-soal melalui internet yang tersedia di Perpustakaan Sukma.

0 Response to "GRAFIK PENGUNJUNG DAN PEMINJAM PERPUSTAKAAN SUKMA SMP NEGERI 1 KARANGANYAR SEMESTER 1"

Post a Comment