Cara Menghitung Persentase Pengunjung Perpustakaan

Semangat pagi semua petugas perpustakaan di Indonesia, kali ini saya akan berbagi tentang cara menghitung persentase pengunjung dan peminjam perpustakaan. Yang pertama adalah persentase pengunjung terlebih dahulu, persentase ini digunakan untuk mengevaluasi kegiatan yang ada di perpustakaan, apakah perpustakaan tersebut cukup menarik anggota untuk mengunjungi perpustakaan, mengevaluasi bagaimana agar perpustakaan tersebut bisa menjadi tempat yang nyaman bagi anggota perpustakaan untuk belajar dan mencari informasi melalui bahan pustaka baik berupa buku maupun non buku.

Memiliki persentase kunjungan yang tinggi tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi petugas perpustakaan maupun instansi tersebut, artinya perpustakaan tersebut benar-benar dimanfaatkan oleh anggota perpustakaan untuk mencari tahu informasi yang mereka butuhkan.

Berikut ini adalah cara menghitung persentase pengunjung perpustakaan per bulan adalah:

Sebagai contoh, di bawah ini adalah persentase pengunjung perpustakaan yang ada di sekolah saya pada tahun ajaran 2016/2017:


Untuk pembagi agar bisa mendapatkan rata-ratanya adalah jumlah pengunjung dibagi hari efektif. Di sini saya hitung sama untuk setiap bulannya yaitu 26 hari. Contoh untuk nomer 1 (bulan Juli 2016) pengunjungnya berjumlah 97 dibagi 26 hari efektif, hasilnya sama dengan 4. Setelah itu baru dibagi jumlah seluruh siswa dan dikalikan 100 %.


Sementara untuk tampilan dalam bentuk chart adalah seperti gambar di bawah ini:

Demikian informasi yang bisa saya bagikan tentang cara menghitung persentase kunjungan yang ada di perpustakaan. Di lain waktu saya akan membagikan cara menghitung persentase peminjam di perpustakaan. Terima kasih. Salam.

2 Responses to "Cara Menghitung Persentase Pengunjung Perpustakaan"