Cara Menghitung Persentase Peminjam Perpustakaan


Setelah di postingan sebelumnya saya membagikan cara menghitung persentase pengunjung perpustakaan, kali ini saya akan membagikan bagaimana cara menghitung persentase peminjam perpustakaan. Kedua persentase ini (pengunjung dan peminjam) sangat dibutuhkan oleh petugas perpustakaan untuk disampaikan ke kepala perpustakaan maupun kepala sekolah melalui laporan tahunan sebagai bentuk pertanggung jawaban dari kegiatan perpustakaan selama tahun ajaran tersebut.

Perpustakaan yang memiliki jumlah peminjam yang tinggi bisa menjadi alat ukur terhadap minat baca di sekolahan tersebut. Semakin tinggi jumlah peminjam maka bisa dikatakan semakin tinggi pula minat bacanya. Meningkatkan peminjam buku bisa dilakukan dengan cara mengadakan kunjungan wajib, memberikan hadiah kepada siswa yang memiliki jumlah peminjam buku terbanyak setiap bulannya sehingga siswa lain termotivasi untuk meminjam buku, mengadakan lomba resensi buku, membelikan buku yang diminati banyak siswa misalnya novel atau tentang teknologi, dan sebagainya.


Berikut ini adalah cara menghitung persentase peminjam:

Contoh persentase yang ada di perpustakaan saya adalah seperti gambar di bawah ini:

Untuk mencari rata-rata peminjam adalah dengan cara jumlah peminjam dibagi jumlah hari efektif (26 hari / bulan). Contoh pada nomer 2, jumlah pengunjung 31 dibagi 26 menjadi 1. Kemudian dibagi rata-rata pengunjung dan dikalikan 100%. Untuk tampilan dalam bentuk chart adalah seperti gambar di bawah ini:
Demikian informasi yang bisa saya bagikan tentang cara menghitung persentase peminjam yang ada di perpustakaan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menghitung Persentase Peminjam Perpustakaan"

Post a Comment