Contoh Struktur Organisasi Perpustakaan Sekolah


Gambar di atas adalah contoh dari struktur organisasi perpustakaan sekolah. Struktur organisasi di atas juga terpasang di perpustakaan sekolah tempat saya bekerja. Struktur organisasi perpustakaan merupakan salah satu dari sekian banyak sarana dan prasarana yang wajib ada di perpustakaan. Alasannya adalah karena struktur organisasi memberikan kejelasan tentang pembagian tugas kepada masing-masing pekerja yang ada di perpustakaan. Setiap anggota di dalam struktur organisasi memiliki tanggung jawab tentang tugas yang diberikan oleh atasan. Struktur organisasi memberikan kejelasan kedudukan seseorang di dalam perpustakaan.

Di dalam struktur organisasi perpustakaan juga terdapat garis yang menghubungkan antara atasan dan anggota. Garis lurus menandakan garis komando, garis ini biasanya menghubungkan antara atasan kepada anggota secara langsung yang artinya berhak memberikan komando / perintah yang berhubungan dengan pekerjaan di perpustakaan. Sedangkan garis putus-putus berarti garis koordinasi yang artinya antara anggota yang satu dengan yang lain berkoordinasi atau bekerja sama dalam menyelesaikan tugas-tugas di perpustakaan.

Contoh struktur organisasi yang saya buat bisa di download DI SINI. Struktur ini saya buat di aplikasi Corel Draw, teman-teman bisa mengedit menyesuaikan sekolah di tempat teman-teman bekerja. Struktur ini saya cetak menggunakan banner kemudian saya bingkai agar tampilannya lebih menarik.

Catatan khusus untuk kotak yang ada di bawah jabatan Kepala Sekolah, Kepala perpustakaan, Layanan Teknis dan Layanan Sirkulasi:
  1. Kotak Kecil diisi dengan foto dari petugas sesuai dengan jabatannya. Kotak tersebut bisa diisi dengan foto ukuran 6x4 cm
  2. Kotak Besar, kotak ini berisi nama petugasnya. Teman-teman juga bisa mengedit apabila kotaknya kurang lebar.


Apabila ada hal yang kurang di struktur organisasi tersebut, teman-teman bisa memberikan masukan lewat komentar di bawah postingan ini.

2 Responses to "Contoh Struktur Organisasi Perpustakaan Sekolah"

  1. Pak jadi koordinasi nya itu sama kepala tata usaha terus ya bukan kepala sekolah dlu?

    ReplyDelete