Contoh Materi Bimbingan Pemakai Perpustakaan

Bimbingan pemakai perpustakaan secara singkat bisa juga dikatakan sebagai pengenalan perpustakaan. Kegiatan bimbingan pemakai diperlukan agar pengunjung perpustakaan bisa menggunakan dan memanfaatkan perpustakaan dengan baik, efektif dan efisien. Sumber informasi yang begitu banyak yang ada di perpustakaan tidak semuanya bisa didapat dan dimanfaatkan oleh pengunjung perpustakaan apabila tidak paham caranya, untuk itu staf perpustakaan harus mengadakan bimbingan pemakai dan harus bisa mengajarkan bagaimana pengunjung perpustakaan agar bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Selain itu tujuan dari bimbingan pemakai perpustakaan antara lain, pengunjung perpustakaan bisa mengetahui fasilitas apa yang bisa digunakan di perpustakaan tersebut, bisa mengetahui bagaimana mencari informasi secara cepat dan tepat, mengetahui cara mencari informasi menggunakan komputer, mengetahui layanan apa yang ada di perpustakaan, mengetahui peraturan yang ada di perpustakaan, dan sebagainya.

Di sini saya akan membagikan contoh materi bimbingan pemakai perpustakaan, meliputi sejarah perpustakaan, peraturan, jadwal dan sebagainya.  Materi ini biasa saya sampaikan kepada siswa kelas VII yang baru agar lebih dekat dengan perpustakaan maupun lingkungan sekolah. Materi yang saya bagikan mungkin masih cukup sederhana dan ada kekurangan, semoga kedepannya bisa menambah materi agar lebih baik.

Download di bawah ini (file berupa Power Point).

0 Response to "Contoh Materi Bimbingan Pemakai Perpustakaan"

Post a Comment