Contoh Grafik dari Laporan Tahunan Perpustakaan Sekolah


Setelah sebelumnya Sukmalibrary membagikan hal-hal apa saja yang diperlukan di dalam laporan tahunan perpustakaan, kali ini Sukmalibrary akan membagikan grafik laporannya. Apa saja yang bisa dibuat grafik di dalam laporan tahunan? Ini tergantung dari masing-masing petugas perpustakaan untuk menampilkan apa saja yang akan dibuat grafik. Namun, yang wajib ada tentunya adalah laporan grafik pengunjung dan peminjam.

Laporan grafik tahunan ini biasanya dipajang di papan pengumuman yang ada di perpustakaan dengan ukuran yang besar, saya sendiri pernah membuatnya dengan kertas milimeter blok dan juga kertas warna-warni yang dijadikan bahan untuk menampilkan data grafiknya. Contohnya untuk warna kuning digunakan untuk data kelas VII, warna hijau data kelas VIII,dan warna merah untuk kelas IX.  Menggunakan kertas berwarna selain untuk membedakan setiap kelas, juga agar memiliki tampilan yang menarik.

Seiring dengan perkembangan zaman, laporan grafik yang biasanya dibuat menggunakan keahlian tangan, beralih menggunakan aplikasi yang ada di komputer agar diolah menjadi lebih rapi dan lebih baik,  contohnya adalah dengan menggunakan CorelDraw yang saya gunakan.

Di contoh yang saya buat ini, saya menampilkan 5 laporan yang akan dijadikan grafik, laporan tersebut adalah laporan pengunjung, laporan peminjam, laporan jumlah buku, laporan jumlah anggota, serta perbandingan antara jumlah pengunjung dan jumlah anggota. Ini merupakan kreativitas saya sendiri, teman-teman perpustakaan bisa menggantinya dengan menampilkan laporan grafik yang lain, misalnya data pengunjung teraktif meminjam buku, 10 judul buku paling dipinjam, dan sebagainya.

Untuk contoh grafik dari laporan tahunan perpustakaan ini,saya sudah menyiapkan file yang bisa didownload oleh teman-teman dan tentu saja teman-teman perpustakaan mengganti data yang ada menyesuaikan perpustakaan masing-masing. File tersebut bisa didownload DI SINI.


Semoga bermanfaat.

4 Responses to "Contoh Grafik dari Laporan Tahunan Perpustakaan Sekolah"

  1. alhamdulillah bermanfaat..
    oiya gimana cara membuat katalog buku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih.
      Insya Allah akan diulas di postingan selanjutnya

      Delete