Contoh Laporan Tahunan di Perpustakaan Sekolah


Sebagai staf perpustakaan, membuat laporan tahunan perpustakaan merupakan suatu hal yang wajib dilakukan. Laporan perpustakaan digunakan sebagai pertanggung jawaban semua staf perpustakaan mulai dari kepala perpustakaan, petugas layanan, petugas teknis dan semua yang terlibat di perpustakaan. Beberapa fungsi laporan tahunan perpustakaan antara lain adalah sebagai bahan evaluasi tentang program-program yang sudah direncanakan di awal tahun pelajaran, sehingga bisa mengetahui kegiatan apa saja yang sudah dilaksanakan maupun yang belum dilaksanakan, target apa saja yang sudah tercapai maupun belum. Dengan laporan tahunan perpustakaan kita bisa mengetahui kondisi koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan, apakah ada yang bertambah atau ada yang hilang / rusak, bagaimana kondisi rak buku, lemari, meja kursi baca, komputer, dan peralatan lainnya.

Hal terpenting yang harus ada dalam laporan tahunan perpustakaan adalah laporan jumlah pengunjung dan peminjam perpustakaan, staf perpustakaan harus menyajikan data berapa jumlah pengunjung dan peminjam perpustakaan selama satu tahun pelajaran termasuk persentase pengunjung dan persentase peminjam, berapa jumlah semua bahan koleksi bahan pustaka,mulai dari buku paket pelajaran, buku bacaan, buku referensi, buku penunjang guru, koleksi CD/VCD, koleksi peta, dan sebagainya.


Untuk lebih lengkapnya tentang hal-hal apa saja yang ada di laporan tahunan perpustakaan, teman-teman bisa menyimaknya di bawah ini:

  1. Pendahuluan
  2. Visi dan Misi Perpustakaan
  3. Motto Perpustakaan
  4. Struktur Organisasi Perpustakaan
  5. Tata Tertib Perpustakaan
  6. Jam Layanan Perpustakaan
  7. Laporan Sarana dan Prasarana Perpustakaan
  8. Laporan Jumlah Anggota Perpustakaan
  9. Laporan Jumlah Pengunjung Perpustakaan
  10. Laporan Jumlah Peminjam Perpustakaan
  11. Laporan Jumlah Bahan Pustaka Perpustakaan
  12. Laporan Kas /Denda (jika ada)
  13. Laporan Jumlah Buku dari Tahun ke Tahun (bisa tiga atau lima tahun terakhir)
  14. Evaluasi Program Perpustakaan Selama Satu Tahun Pelajaran
  15. Penutup


Demikian adalah contoh format untuk laporan tahunan perpustakaan, teman-teman juga bisa menambahkan sendiri tentang hal apa saja yang diperlukan sehingga laporan bisa lebih lengkap dan lebih baik dan cara melampirkan di kolom komentar di bawah ini.

0 Response to "Contoh Laporan Tahunan di Perpustakaan Sekolah"

Post a Comment