KERJA SAMA INTERNAL DAN KERJA SAMA EKSTERNAL PERPUSTAKAAN



Dalam menjalankan berbagai kegiatan perpustakaan guna menunjang terciptanya suasana belajar yang nyaman dan sebagai salah satu proses memajukan pendidikan di Indonesia, perpustakaan tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya kerja sama dengan pihak dalam maupun pihak luar. Di perpustakaan sekolah misalnya, perpustakaan harus bekerja sama dengan Kepala Sekolah, guru mata pelajaran, karyawan, siswa dan orang tua siswa. Sedangkan dengan pihak luar, perpustakaan sekolah bisa bekerja sama dengan perpustakaan dari sekolah lain dalam berbagai kegiatan perpustakaan. Kedua kerja sama ini disebut dengan kerja sama internal dan kerja sama eksternal perpustakaan. Penjelasannya adalah sebagai berikut:



Kerja sama internal


Kerja sama internal adalah kerja sama yang dilakukan oleh perpustakaan dengan pihak lain yang masih berada dalam satu naungan atau satu instansi, misalnya perpustakaan sekolah bisa bekerja sama dengan Kepala Sekolah, guru mata pelajaran, karyawan, siswa maupun orang tua siswa. Dalam akreditasi perpustakaan, kerja sama ini mendapatkan poin yang bisa menunjang saat proses penilaian akreditasi perpustakaan. Dalam instrumen akreditasi, minimal perpustakaan melakukan kerja sama dengan pihak internal sebanyak 4 kali atau lebih dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Kerja sama internal tentunya sering dilakukan oleh perpustakaan, namun terkadang kita lupa tidak menyiapkan bukti fisik bahwa kita telah melakukan kerja sama. Padahal bukti fisik merupakan lampiran yang harus ada ketika sedang ada monitoring dari pengawas ataupun saat proses akreditasi. Contoh kerja sama dengan guru pelajaran misalnya ketika perpustakaan sedang melakukan lomba menulis puisi, membacakan puisi, menulis cerpen atau menulis sinopsis, perpustakaan bisa bekerja sama dengan guru Bahasa Indonesia untuk menjadi tim penlia atau tim juri lomba-lomba yang ada di perpustakaan. Atau bekerja sama dengan siswa, contohnya adalah perpustakaan membuat jadwal piket kepada siswa untuk membantu proses sirkulasi peminjaman dan pengembalian buku, atau membantu shelving / penataan buku di rak. Perpustakaan juga bisa bekerja sama dengan siswa pengurus OSIS untuk ikut membantu mempromosikan perpustakaan dengan cara membuat leaflet agar siswa senang berkunjung ke perpustakaan. Kerja sama ini harus dibuktikan dengan bukti fisik berupa daftar hadir atau daftar absensi khusus yang ditanda tangani oleh kepala perpustakaan dengan pihak yang diajak kerja sama.

Kerja sama eksternal


Kerja sama eksternal adalah kerja sama perpustakaan dengan pihak lain di luar instansi. Kerja sama ini biasanya dengan menggandeng perpustakaan dari sekolah / instansi lain untuk melakukan pertukaran layanan yang ada di perpustakaan. Salah satu contoh di Perpustakaan Sukma SMP Negeri 1 Karanganyar adalah bekerja sama dengan perpustakaan SMP Negeri 2 Karanganyar dalam pertukaran koleksi perpustakaan guna memperlancar proses kegiatan belajar mengajar di kedua sekolah tersebut. Perpustakaan Sukma juga bekerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kebumen guna meningkatkan minat baca siswa dan minat berkunjung ke perpustakaan, seperti dalam program Kupu-Kupu Malam yang sudah ada sejak dua tahun yang lalu. Kerja sama eksternal ini dibuktikan dengan adanya surat kesepakatan atau MoU yang ditanda tangani oleh Kepala Perpustakaan dan Kepala Sekolah masing-masing instansi. Kerja sama ini bisa memiliki batas waktu tertentu tergantung kebutuhan. Jumlah kerja sama eksternal dalam instrumen akreditasi perpustakaan sekolah adalah 4 kali atau lebih dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

Dengan melakukan kerja sama internal dan eksternal, berbagai kegiatan di perpustakaan bisa dilaksanakan dengan baik, serta perpustakaan akan memiliki layanan yang lebih luas dan lebih bermanfaat bagi pemustaka. Dengan bekerja sama, kita juga akan mendapatkan nilai yang baik pada saat proses penilaian akreditasi perpustakaan.

1 Response to "KERJA SAMA INTERNAL DAN KERJA SAMA EKSTERNAL PERPUSTAKAAN"

  1. Copy file akreditasi apa diperkenankan?
    Terima kasih

    ReplyDelete