PERPUSTAKAAN SUKMA KINI SUDAH BISA DIAKSES SECARA ONLINE



PERPUSTAKAAN SUKMA KINI SUDAH BISA DIAKSES SECARA ONLINE

Alhamdulillah, pada bulan April 2019, kabar baik datang bagi Perpustakaan Sukma. Perpustakaan yang dimiliki oleh SMP Negeri 1 Karanganyar ini sekarang sudah bisa diakses secara online baik oleh anggota maupun umum.

Sebenarnya, Perpustakaan Sukma sudah online sejak satu tahun yang lalu, di mana anggota perpustakaan dapat mengakses OPAC (katalog online) untuk mencari daftar buku yang tersedia di Perpustakaan Sukma, namun pada saat itu hanya bisa diakses di lokal saja (hanya melalui komputer atau laptop di area perpustakaan), sedangkan saat ini Perpustakaan Sukma sudah online secara umum dan bisa diakses oleh semua pihak yang ingin mengetahui tentang Perpustakaan Sukma.

Dalam Instrumen akreditasi perpustakaan yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional RI, terdapat komponen yang salah satunya berisi tentang aspek sarana akses / penelusuran di perpustakaan. Sarana akses / penelusuran ini meliputi sistem peminjaman buku, penelusuran informasi ke koleksi, penelusuran informasi intelektual ke sumber daya informasi, dan sistem otomasi layanan. Keempat aspek dalam sarana akses ini erat kaitannya dengan sistem otomasi perpustakaan. Apakah sudah terotomasi atau belum, apakah otomasinya sudah online atau offline yang hanya diakses di area perpustakaan saja. Tentunya untuk mendapatkan poin A di setiap aspek, harus memberikan jawaban yang paling baik disertai bukti fisiknya (berupa printscreen atau alamat website perpustakaan jika sudah online).

Berikut ini adalah salah satu yang pertanyaan yang ada di komponen 3 di instrumen akreditasi perpustakaan sekolah SMP:

Sistem otomasi pelayanan:

  • Bergabung dengan jejaring perpustakaan online (mendapatkan poin A)
  • Internet (mendapatkan poin B)
  • Jejaring Lokal (LAN) (mendapatkan poin C)
  • Stand alone (diakses oleh satu komputer saja) (mendapatkan poin D)
  • Tidak ada (mendapatkan poin E)


Bulan Oktober 2018 yang lalu, saat pelaksanaan penilaian akreditasi perpustakaan sekolah, Perpustakaan Sukma mendapatkan poin C untuk sistem otomasi pelayanan karena OPAC yang dimiliki Perpustakaan Sukma hanya bisa diakses di jejaring lokal atau LAN. Namun, kini Perpustakaan Sukma sudah memiliki OPAC yang bisa diakses oleh masyarakat umum meskipun belum memiliki domain yang bagus. Proses online Perpustakaan Sukma hanya sekedar mengonlinekan server lokal ke internet. Teman-teman bisa mencari tahu caranya melalui Google, karena yang dilakukan oleh tim IT Perpustakaan Sukma juga berkat Google. Mudah-mudahan, suatu saat Perpustakaan Sukma bisa online dengan domain sendiri atau terhubung ke website sekolah.

Jika anggota perpustakaan dan teman-teman pustakawan lain penasaran dengan OPAC di Perpustakaan Sukma. Silahkan akses link di bawah ini.

http://libs.ip-dynamic.com:60/senayan/



0 Response to "PERPUSTAKAAN SUKMA KINI SUDAH BISA DIAKSES SECARA ONLINE"

Post a Comment