Cara Mengetahui Pengunjung dan Peminjam Teraktif untuk Pemberian Reward Perpustakaan


Sebagai instansi yang berfungsi sebagai penunjang pendidikan di Indonesia, perpustakaan pada saat ini berkembang begitu pesat mengikuti zaman yang juga ikut berubah. Maju tidaknya sebuah pendidikan di sekolah bergantung kepada kondisi perpustakaan di sekolah tersebut. Peran pustakawan juga sangat penting dalam memajukan perpustakaan saat ini, bisa dikatakan bahwa pustakawan di Indonesia zaman now sudah 80 % pustakawan yang menguasai dunia teknologi sehingga dapat memajukan perpustakaan dengan kemampuannya mengolah data melalui perpustakaan yang terotomasi. Perpustakaan yang terotomasi merupakan perpustakan yang dalam menjalankan segala aktivitasnya menggunakan bantuan teknologi informasi atau komputer. Saat ini, hampir seluruh perpustakaan di perkotaan menggunakan aplikasi otomasi perpustakaan agar kinerja pustakawan dapat terbantu menjadi lebih cepat dan data-data perpustakaan menjadi lebih valid. Otomasi perpustakaan saat ini sudah berkembang ke perpustakaan-perpustakaan di kota-kota kecil hingga pedesaan, meskipun bergantung juga pada kondisi keuangan sekolah dalam memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana perpustakaan.

Bagi perpustakaan sekolah yang sudah terotomasi, pencarian data siswa yang berkunjung dan meminjam buku perpustakaan tentu bukanlah hal yang sulit, pustakawan dapat mencari siapa saja anggota yang berkunjung atau meminjam buku pada hari ini, kemarin, minggu lalu atau bahkan satu tahun yang lalu. Sukmalibrary akan memberikan informasi tentang cara untuk mengetahui pengunjung dan pemnjam buku teraktif pada aplikasi Slims Senayan.

  1. Instal plugin Member Report yang tersedia di blog Kopi Arsip
  2. Ikuti langkah-langkah yang sudah terpapar di halaman tersebut sampai berhasil.
  3. Kemudian setelah itu, pustakawan bisa melihat riwayat peminjaman dan kunjungan anggota perpustakaan serta riwayat jumlah denda keterlambatan.
  4. Pustakawan bisa menentukan rentang waktu yang akan dicari, misalnya satu bulan, tri wulan atau satu semester.
  5. Copy dan paste data tersebut di Excel dan kemudian dirangking sehingga terlihat siapa yang berkunjung paling aktif dan meminjam buku terbanyak.


Dengan mengetahui pengunjung dan peminjam buku terbanyak di perpustakaan, kita dapat mengevaluasi kinerja kita sebagai tenaga perpustakaan, apakah kita sudah baik dalam melayani anggota perpustakaan atau belum, apabila perpustakaan memiliki kunjungan yang tinggi tentunya akan menjadi kepuasan tersendiri bagi pustakawan khususnya dan bagi sekolah umumnya.


Selain itu, perpustakaan juga sebaiknya memberikan reward atau penghargaan kepada anggota yang aktif berkunjung dan meminjam buku, hal ini diperlukan agar siswa terus termotivasi untuk datang ke perpustakaan untuk membaca buku atau pun memanfaatkan fasilitas lain yang ada di perpustakaan. Pemberian reward kepada anggota perpustakaan tergantung kepada perpustakaan masing-masing sekolah, bisa menggunakan uang denda untuk digunakan membeli hadiah berupa alat tulis, pin, stiker, mug atau barang-barang yang lain sehingga siswa merasa senang dan dihargai karena sudah berkunjung ke perpustakaan. Pemberian reward juga termasuk dalam promosi perpustakaan sehingga anggota yang lain yang belum mendapatkan hadiah bisa berlomba-lomba untuk berkunjung dan meminjam buku di perpustakaan.

0 Response to "Cara Mengetahui Pengunjung dan Peminjam Teraktif untuk Pemberian Reward Perpustakaan"

Post a Comment